Asbak PNKA  

Posted by Erizal Suhadamarja in ,


Sebenarnya asbak ini sudah lama ada pada saya, klo gak salah sudah dari th 1997, sampai saya juga lupa dimana mendapatkannya.
dulu waktu saya buka kios pakaian di daerah karawang, asbak ini saya pasang disamping meja kasir, sangat simple dan dekat dari jangkauan tempat duduk,
dengan sistem buka tutup, resiko abu rokok beterbangan jadi bisa dihindari. soalnya diatas meja kasir ada kipas angin duduk, kalo memakai asbak biasa udah pasti abu jadi beterbangan

Waktu tahun 2003 saya pindah ke bekasi, kios beserta isinya dikelola adik saya. dan semenjak itu saya sudah tidak mengingat lagi asbak PNKA . Walaupun saya sering main ke karawang tapi tak pernah ingat ataupun menanyakan tentang asbak itu.

Sampai waktu saya melihat-lihat koleksinya mas daniel, saya baru tau kalo asbak itu adalah asbak yang dipasang disetiap gerbong kereta api pada th 60 an (maaf mas daniel, saya ngutip tanpa permisi)
Tapi ada perbedaan bentuk asbak yang saya miliki dengan asbak koleksi mas daniel, Di saya ukurannya agak lebih besar dan berbetuk kotak, sedangkan koleksi mas daniel tutup atasnya setengah lingkaran dan lebih mungil

Setelah saya tahu sejarah tentang asbak itu, langsung saya bel kekarawang,
masih adakah asbak PNKA itu. Tapi sayang keberadaan asbak itu sudah tidak diketahui lagi. saya suruh bongkar kardus2 barang lama, kali aja ikut tersimpan,
Tapi tidak ditemukan juga
Akhirnya saya relakan asbakitu berlalu entah kemana.

Entah rezeki saya, atau asbak itu masih berjodoh sama saya, Waktu main kerumah om, sambil melihat-lihat koleksinya, saya melihah asbak PNKA itu.
Saya tanyakan " darimana asbak itu diperolah? ".
Dia bilang Klo asbak itu dibawa dari karawang.
" nah loe, ini die asbak jadoel KU".




This entry was posted on Kamis, Maret 26, 2009 at Kamis, Maret 26, 2009 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar