Kaki mesin jahit antik  

Posted by Erizal Suhadamarja in ,


Kaki mesin jahit ini milik om saya, katanya beliau dapat ditukang loak, Tapi sayangnya papan tempat tatakan mesin / meja mesin sudah tidak ada, kata tukang loaknya tatakannya sudah retak dan sebagian hancur, makanya dia buang aja, sayang amat yaa..!? padahal walaupun retak, yang penting kan ada.
Beginilah kalo yang menemukan bukan maniak antik, coba kalo saya yang menemukan, itu kaki mesin yang segitu antiknya, bakal saya bikin kaki penggorengan he..he..he ( lebih prah lagi...)

Tapi kalo part yang lain masih komplit, seperti injakan (tapak) , tempat pelumas mesin, alu-alu ( batang penyambung tapak ke roda mesin) masih original yang terbuat dari kayu dll

Pertama melihat, saya kagum banget dengan detail kaki mesin ini, cetakan batang besinya sangat rapi, pola ukirnya simple tapi menarik, baner-bener antik dan jadoel
Jujur aja saya baru kali ini melihat kaki mesin yang seperti ini, padahal kalo namanya mesin jahit, bukan barang yang aneh bagi saya, soalnya dari kecil saya sudah akrap dengan mesin jahit

Ortuku dulu adalah produsen pakaian jadi, sudah bermacam bentuk mesin yang dipergunakan, tapi belum pernah ada yang seperti ini. yang paling banyak digunakan merknya singers, standart,juki, janome dan beberapa merk lainnya. Tapi yang merk KOHLER ini belum pernah

Roda mesin jahit ini unik, alur tempat memasang tali/belt ke roda kepala mesin letaknya terpisah, biasanya diameter luar roda langsung ada alur untuk tali mesin

Merk yang terdapat pada kaki penyangga


Alu-alu / as penghubung pijakan ke roda mesin masih terbuat dari kayu, kalau pada mesin sekarang rata2 sudah memakai bahan besi


Tapak tempat mengayuh mesin dengan ukiran model kembang

This entry was posted on Minggu, Maret 22, 2009 at Minggu, Maret 22, 2009 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar